MEKANISME PELAYANAN HUKUM DI POLRESTA PALEMBANG TERHADAP PEREMPUAN & ANAK KORBAN TINDAK KEKERASAN
LANGKAH-LANGKAH PENANGANAN PENGADUAN SECARA LANGSUNG

By Admin 20 Okt 2018, 17:23:41 WIB SPKT
MEKANISME PELAYANAN  HUKUM  DI POLRESTA PALEMBANG TERHADAP PEREMPUAN & ANAK KORBAN TINDAK KEKERASAN


Ada beberapa tahapan dalam mekanisme pelayanan hukum terhadap perempuan dan anak korban kekerasan :

1. Korban datang langsung dengan�didampingi pihak keluarga/ lawyer

2. Memberikan informasi dan didatangi oleh petugas

3. Menemui KSPK atau Petugas SPK�dan menjelaskan secara singkatkronologis kejadian

4.�KSPKT mengarahkan kepada petugas pelayanan konsultasi hukum�diruangan khusus konsultasi

�

Sesudah itu petugas akan memberikan penjelasan kepada korban atau pelapor seperti:

1.�Dari hasil rekomendasi KSPKT maka pelapor langsung di arahkan ke tempat pelayanan khusus.

2.�Kemudian petugas pelayanan hukum memberikan pertanyaan dan penjelasan sehubungan dengan peristiwa yang di alami oleh korban/ pelapor.�

3.�Petugas memberikan penjelasan sesuai SOP yang ada.�

4. Setelah semua ditanyakan oleh petugas dan dari hasil konseling didapat adanya unsur pidana kekerasan terhadap perempuan dan anak maka petugas memberikan rekomendasi untuk dilakukan penerimaan laporan pengaduan kepada SPKT dan diterbitkan laporan pengaduan (LP)�

�

 �

5.�Laporan pengaduan yang sudah diterbitkan berupa LP oleh KSPKT selanjutnya petugas meneruskan ke piket unit PPA Sat Reskrim Polresta Palembang guna ditindak lanjuti.

6.�Di Unit PPA Sat Reskrim Polresta Palembang dilakukan pemeriksaan awal di ruangan Khusus berupa BAP interogasi sesuai dengan perkara kekerasan terhadap perempuan dan anak yang dilaporkan

7.�Sebelum dilakukan BAP korban ditanya ulang tentang peristiwa kekerasan yang dilaporkan
�

�

�

Baca Lainnya :




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment