Tim Tekab 134 Polrestabes Palembang Ungkap Pencurian Handphone Terlacak Melalui Trace Imei

By Admin 04 Jul 2022, 13:42:02 WIB HUMAS
Tim Tekab 134 Polrestabes Palembang Ungkap Pencurian Handphone Terlacak Melalui Trace Imei

POLRESTABES PALEMBANG - Unit Pidum dan Tekab 134 Satreskrim Polrestabes Palembang berhasil mengungkap kasus Pencurian Handphone di wilayah Kota Palembang.

Keberhasilan Tim Tekab 134 Polrestabes Palembang, terhadap tersangka kasus Pencurian Handphone Yoga Fraza Nesya (21) warga Jalan Ki Gede Ing Suro Kecamatan Ilir Barat (IB) I Palembang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dibekuk di kediaman tanpa perlawanan, Sabtu (2/7/2022) pukul 21.30 kemarin malam.

Tersangka diamankan berkat hasil pencarian dengan cara Trace Imei dan atas laporan korban sehingga tersangka kasus Pencurian Handphone Iphone 11 Pro warna grey berhasil ditemukan oleh Tim Unit Pidum dan Tekab 134 Satreskrim Polrestabes Palembang.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Mokhamad Ngajib melalui Kasat Reskrim Kompol Tri Wahyudi mengatakan, bahwa tersangka melakukan pencurian ponsel milik korban Marselino Danuwarta (18) di Jalan Prawira Ratu Negara di bawah Jembatan Musi 2 Kelurahan Pulokerto Kecamatan Gandus Palembang, Minggu, (6/3/2022), sekitar pukul 00.30.

 

"Tersangka ini dari keterangannya ke anggota melihat ponsel Iphone 11 pro milik korban di dalam mobil, kemudian melihat korbannya membeli minum ia pun mengambil ponsel korban dan kabur," kata Kasat Reskrim Kompol Tri, Minggu, (3/7/2022) kepada wartawan.

Dari laporan korban ke anggotanya melakukan penyelidikan dan imei ponsel tersebut di trace.

"Dari hasil trace itulah anggota kita berhasil menangkap tersangka dan membawanya ke Polrestabes Palembang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," katanya.

Selain mengamankan tersangka, turut mengamankan barang bukti berupa satu unit ponsel merek Iphone 11 Pro warna grey milik korban.

"Atas ulahnya tersangka kita ancam dengan hukuman penjara diatas lima tahun penjara," tutur Kompol Tri Wahyudi.

Untuk menghindari terjadinya pencurian ataupun handphone sudah hilang dimanapun berada, Kasat Reskrim Porestabes Palembang Kompol Tri Wahyudi memberikan tips aman yakni, pertama untuk tidak membawa barang yang berharga di sepanjang jalan, kedua jangan tinggalkan barang berharga di dalam mobil atau atau dalam kendaraan lainnya.

Kemudian, jangan dulu panik ketika barang atau hp Anda hilang tiba-tiba.

Segeralah melacak HP yang hilang sebelum lokasinya terlalu jauh agar bisa menangkap pelaku jika HP dicuri.

Oleh karena itu, para pemilik smartphone wajib tahu cara melacak HP yang hilang dengan cepat.

Tidak dapat dipungkiri, penggunaan HP tidak bisa dijauhkan dari segala aktivitas masyarakat di zaman serba teknologi seperti saat ini.

Barang multifungsi ini bukan lagi hanya berfungsi sebagai alat komunikasi jarak jauh.

Melainkan, banyak fungsi lainnya seperti alat bayar menggunakan e-wallet, transaksi mobile banking hingga tempat menyimpan dokumen-dokumen penting.

Tidak heran, jika orang-orang akan panik ketika HP hilang atau dicuri orang, dan pahami tips cara pelacakan handphone seperti berbagai cara.

"Lakukan dengan cara melacak HP lewat Google, lacak Via Email, melacak HP hilang dalam Keadaan Mati, melacak HP dengan IMEI, dan antisipasi menggunakan Google Maps," tandas Kompol Tri.

Baca Lainnya :




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment